PENGERTIAN
ETIKA, ETIKA BISNIS SERTA PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
PENGERTIAN ETIKA
Etika (Yunani Kuno: "ethikos",
berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana
cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang
menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup
analisis dan penerapan konsep seperti benar,salah, baik, buruk,
dan tanggung jawab.
St. John of Damascus (abad ke-7 Masehi) menempatkan etika di
dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy).
Etika dimulai bila manusia
merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita.Kebutuhan
akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita
tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itulah diperlukan
etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.
Secara metodologis, tidak setiap hal
menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap
kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi. Karena itulah
etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah
laku manusia.Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga
tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika
melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.
ETIKA BISNIS
Secara sederhana yang dimaksud dengan etika bisnis adalah cara-cara untuk
melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan
individu, perusahaan, industry dan juga masyarakat. Kesemuanya ini mencakup
bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hokum yang berlaku,
dan tidak tergantung pada kedudukan individu ataupun perusahaan di masyarakat.
Etika bisnis lebih luas dari ketentuan yang diatur oleh hukum, bahkan merupakan
standar yang lebih tinggu dibandingkan standar minimal ketentuan hukum, karena
dalam kegiatan bisnis seringkali kita temukan wilayah abu-abu yang tidak diatur
oleh ketentuan hukum.
Etika bisnis dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk
membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta
mempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi, diperlukan
suatu landasan yang kokoh.
PENERAPAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Pernah tidak anda dicuekin oleh rekan kerja atau bahkan tidak ditegur sama sekali
oleh rekan kerja anda? Apakah anda pernah membuat kesalahan di tempat kerja?
Jika rekan kerja anda bersikap demikian lebih dari satu orang dan bahkan hampir
seluruh ruangan mengabaikan diri anda, seharusnya anda jeli apakah ada yang
salah pada diri anda? Mungkin saja etika anda di tempat kerja tidak membuat
nyaman rekan-rekan kerja anda.
Beberapa penerapan etika dalam kehidupan sehari-hari dalam dunia kerja yang
harus dipatuhi oleh pekerja diantaranya :
1.
Etika berpakaian. Janganlah anda
mengenakan pakaian kantor yang terlalu seksi dan terbuka jika di kantor
terdapat peraturan mengenakan pakaian tertutup. Jangan sampai atasan dan rekan
kerja gerah melihat pakaian anda yang terkesan seksi. Tampil modis dan bergaya
tanpa membuka aurat yang seharusnya tertutup.
2.
Etika bertelepon. Ketika anda
menerima atau menelepon menggunakan fasilitas kantor, hendaknya bukan digunakan
untuk urusan pribadi. Kalaupun anda kepepet menggunakan fasilitas telepon untuk
keperluan pribadi, jangan menggunakan line telepon terlalu lama. Apabila anda
bekerja sebagai costumer services suatu perusahaan, hendaknya selalu menyapa
dengan sopan setiap ada telepon masuk.
3.
Etika dalam merawat semua peralatan
dan fasilitas kantor yang disediakan. Anda harus tahu bahwa peralatan kantor
yang disediakan untuk memudahkan kerja banyak pihak. Jadi sebaiknya, anda
merawat secara baik semua fasilitas kantor tersebut.
4.
Etika berinternet. Umumnya, disetiap
kantor sudah memasang jaringan internet sendiri. Pengadaan internet di kantor
jangan lantas membuat anda keasyikan berselancar dan mengabaikan pekerjaan.
Mengakses internet saat pekerjaan sedang menumpuk sangat tidak disarankan.
Bukankah anda tak ingin melihat bos cemberut melihat pekerjaan tak beres hanya
gara-gara anda keasyikan bermain facebook atau twitter, bahkan sibuk browsing.
5.
Etika menyapa. Di kantor, anda tak
hanya bekerja pada atasan saja. Anda pun memiliki rekan kerja yang mungkin saja
seruangan dengan anda. Janganlah menjadi seorang pekerja yang masam. Ketika
anda datang, sapalah seluruh rekan kerja anda dengan senyum ramah.
Pengertian etika tidak hanya dimengerti saja, tetapi harus
dilaksanakan agar kehidupan anda lebih baik daripada sebelumnya. Ketika etika
dijalankan dengan benar, yakinlah kesuksesan hidup akan anda raih dengan
maksimal.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar